Perbedaan SSD dan Hardisk yang Perlu Kamu Tahu!

Rate this post

Perkembangan teknologi yang cepat seperti sekarang membuat munculnya inovasi terbaru dalam media penyimpanan komputer. Dulu kita lebih sering mendengar Harddisk ketimbang SSD, tetapi SSD menjadi lebih menarik, lalu apa perbedaan SSD dan Hardisk?

Perbedaan SSD dan Harddisk

SSD atau Solid State Driver memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan Harddisk meskipun masih banyak orang yang menggunakan Harddisk dikarenakan harganya yang lebih terjangkau.

Technoparkz kali ini akan berbagi kepada kamu apa saja perbedaan SSD dan Harddisk yang bisa kamu jadikan acuan ketika kamu ingin menentukan pilihan untuk membeli SSD ataupun Harddisk untuk PC ataupun laptop kamu.

Perbedaan SSD dan Harddisk

1. Apa Itu SSD?

Solid State Driver atau yang biasa disingkat SSD adalah media penyimpanan yang digunakan PC ataupun perangkat lain. SSD berbasis sirkuit yang tersusun dari beberapa chip memori yang saling terhubung antara satu dengan yang lain.

Jika kita bandingkan dengan HDD, SSD memiliki fungsi yang sama, tetapi SSD memiliki arsitektur yang lebih handal dan memiliki durabilitas yang tinggi. Hal ini tentu membuat kamu lebih nyaman untuk membawa SSD untuk berpergian.

Dalam segi keamanan, SSD juga dinilai lebih memiliki sistem keamanan yang baik dibandingkan Harddisk. File di dalam SSD juga tidak disimpan dalam lapisan-lapisan magnetik yang memiliki kecepatan read/write yang lambat.

2. Perbedaan Cara Kerja

Perbedaan SSD dan Harddisk

Pebedaan pertama yang paling terlihat adalah cara kerja dari SSD dan Harddisk. Jika pada umumnya Harddisk yang kita gunakan memanfaatkan sistem mekanik dan elektrik untuk menyimpan dan membaca file yang kamu simpan.

Di sisi lain, SSD lebih mengarah kepada sistem full-elektrik tanpa adanya part yang bergerak seperti Harddisk. Hal ini memiliki beberapa kelebihan yang salah satunya adalah dari segi baca dan tulis data.

Cara kerja yang digunakan oleh SSD dirasa cukup efektif untuk membuat file Anda lebih aman jika dibandingkan dengan Harddisk yang memiliki banyak kekurangan.

3. Perbedaan Kecepatan Baca dan Tulis File

Perbedaan SSD dan Harddisk

Perbedaan SSD dan Harddisk yang selanjutnya adalah dari kecepatan baca dan tulis file. Membaca file maksudnya adalah seberapa cepat SSD bisa membuka file kamu untuk kamu lihat.

Sedangkan, menulis file dimaksudkan adalah seberapa cepat SSD kamu dalam menyalin dan memindahkan file yang ada di SSD kamu. Walaupun begitu, SSD memiliki kecepatan yang berbeda-beda tergantung dari jenis dan harganya.

Dibandingkan dengan Harddisk, SSD memiliki kecepatan yang lebih baik dalam hal di atas. Perbandingannya bisa mencapai delapan kali lebih cepat dari Harddisk. Faktor kecepatan baca dan tulis file ini dirasa paling krusial dalam dua alat penyimpanan file ini.

4. Perbedaan Fragmentasi SSD dan Harddisk

Fragmentasi merupakan sebuah istilah untuk menyebut suatu ruang kosong yang ada di media penyimpanan akibat adanya file yang berubah ataupun dihapus. Proses pengisian file di dalam Harddisk sendiri akan tersusun rapi, tetapi seiring dengan waktu akan berubah dan berantakan.

Hal ini berbeda dengan SSD yang menggunakan Chip Flash. Chip Flash ini memiliki kemampuan untuk menjaga kerapihan file sehingga performa dari SSD tidak akan menjadi lebih lambat daripada sebelumnya.

Namun, jika kamu menggunakan Harddisk, kamu perlu “defragmentasi” media penyimpanan yang kamu miliki agar file nya kembali tersusun rapi. Tentu hal ini merepotkan dan juga memakan waktu yang tidak sebentar.

Itulah beberapa perbedaan SSD dan Hardisk yang perlu kamu ketahui. Meskipun harga SSD lebih mahal daripada Harddisk, tetapi kelebihan yang ditawarkan setara dengan uang yang kamu keluarkan.

Kamu bisa membeli SSD untuk dijadikan sebagai media penyimpanan Local Disk agar PC kamu lebih cepat. Tetapi jika memang kamu membutuhkan media penyimpanan yang besar tanpa memikirkan kecepatan baca tulis file, kamu bisa memilih Harddisk yang sesuai.

Kamu juga bisa cari tahu cara menambah RAM PC agar tidak lemot di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.