Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air!

Rate this post

Apa yang harus kita lakukan jika handphone kita jatuh ke dalam kolam air atau terkena tumpahan air? Jika kamu masih bingung tidak tahu harus melakukan apa, tenang, jangan panik! Karena artikel ini akan menjelaskan cara mengatasi HP yang kemasukan air.

Buat kamu yang seringkali menaruh gelas yang penuh air di samping HP atau menaruh HP di kantong dan sering terjatuh, pasti HP kamu rawan sekali kemasukan air dan jika iya, kita pun sering bingung dan panik duluan karena takut HP akan mati total dan tidak bisa nyala lagi.

Namun, tenang saja. Kali ini,Technoparkz akan membagikan kepada kalian pertolongan pertama untuk mengatasi HP yang kemasukan air agar HP kamu bisa menyala dan dapat digunakan kembali. Langsung saja yuk cek cara-caranya di bawah ini!

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

1. Segera Ambil HP

Cara mengatasi HP yang kemasukan air yang pertama tentunya adalah mengambil HP kamu secepat mungkin saat terkena air. Jika HP kamu masuk ke dalam air kolam atau kena tumpahan air, langsung keluarkan dan ambil secepatnya.

Hal ini merupakan pertolongan pertama karena jika HP kamu berada dalam cairan dalam waktu yang lama maka semakin besar kemungkinan kerusakan yang akan didapatkan.

2. Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air: Segera Matikan HP

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

Setelah HP kamu sudah diangkat dan tidak lagi terendam air, segera matikan HP kamu. Jangan menekan tombol lain atau membuka aplikasi apapun.

Jika HP kamu langsung mati saat terendam air, jangan langsung menyalakan HP karena saat HP kamu sudah terkena air, kemungkinan besar bahwa bagian dalam ponsel pun juga sudah terkena air.

Sehingga, jika HP kamu tetap nyala atau tidak langsung kamu matikan dapat terjadi korsleting dan HP kamu dapat mengalami kerusakan lebih berat.

3. Bongkar dan Lepaskan Casing, Baterai, SIM Card dan Memory Card

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

Bongkar HP menjadi cara mengatasi HP yang kemasukan air selanjutnya karena fungsinya sama seperti sebelumnya yaitu untuk mencegah kemungkinan HP korsleting.

Kamu dapat membongkar HP dengan melepaskan casing jika kamu menggunakan casing dan jika kamu memiliki HP dengan baterai yang dapat dilepas maka segera keluarkan baterai HP.

Jika HP kamu memiliki baterai yang sudah tertanam, maka langsung saja lepas SIM Card dan Memory Card yang kamu miliki untuk mempercepat proses pengeringan pada tahap selanjutnya.

4. Bersihkan dan Keringkan HP

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

Selanjutnya adalah bersihkan dan keringkan HP dengan menggunakan handuk, tisu atau lap yang kering dan bersih. Kamu perlu memastikan bahwa tidak air yang mengalir masuk ke port baterai, slot SIM atau Memory Card, dan jack HP.

Jika masih ada sisa-sisa air yang masuk dalam celah-celah kecil di HP kamu, usahakan untuk menggoyangkan HP dengan hati-hati atau kamu dapat meniupnya dengan lembut. Kamu juga dapat menggunakan kipas angin untuk mengeringkannya.

Jangan pernah mengeringkan HP kamu yang basah dengan menggunakan hairdryer atau masukan ke oven ya! Karena hal yang menimbulkan panas dapat merusaka komponen elektronik yang ada di dalam HP.

5. Rendam HP dalam Beras atau Gunakan Silica Gel

Cara Mengatasi HP yang Kemasukan Air

Cara yang terakhir adalah dengan merendam HP dalam beras atau kamu dapat menggunakan silica gel untuk menyerap kelembapan air pada HP kamu. Mari kita bahas satu-satu terlebih dahulu.

Beras memiliki sifat yang dapat menyerap kelembapan dan menciptakan rasa hangat atau panas, sehingga kamu dapat merendamkan HP kamu dalam beras dan diamkan dalam waktu 1-2 hari.

Sedangkan untuk silica gel juga mempunyai fungsi untuk menyerap kelembapan air sehingga cocok untuk digunakan bagi HP yang terendam air. Kamu dapat menyiapkan mangkok atau baskom berisi silica gel dan rendam HP selama 1-3 hari.

Itu dia pertolongan pertama yang dapat kamu lakukan jika HP kamu terendam oleh air. Semoga cara mengatasi HP yang kemasukan air di atas dapat meminimalisir kerusakan HP kamu ya!

Kamu juga bisa cari tahu fungsi temper glass di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.