Cara Membersihkan RAM PC Agar Tidak Lemot!

Rate this post

Jika kamu merasa laptop atau PC kamu lebih lambat dari biasanya, bisa jadi penyebab dari hal itu merupakan RAM yang penuh. RAM PC harus dibersihkan secara berkala demi menjaga kecepatan dari PC. Nah, Technoparks punya artikel cara membersihkan RAM PC di bawah ini!

Cara Membersihkan RAM PC

Cara Membersihkan RAM PC

RAM atau Random Access Memory merupakan komponen yang cukup vital pada PC yang mengatur penggunaan aplikasi yang berjalan di PC kita. Hal ini menjadikan RAM sebagai komponen yang mempunyai dampak yang besar terhadap performa PC mu.

Nah, cara mengatasi PC yang mulai melambat adalah dengan membersihkan RAM yang ada. Kebanyakan orang tidak menyadari hal ini dan menganggap penyebab lambatnya PC dikarenakan ada virus atau hardware yang sudah usang.

1. Restart PC

Cara membersihkan RAM PC yang pertama adalah dengan melakukan restart laptop. Biasanya, setelah direstart, PC kamu akan mengalami peningkatan kecepatan karena program-program yang dijalankan masih sedikit.

Cara ini cukup efektif untuk membersihkan program-program dan aplikasi yang menggunakan resource RAM yang cukup besar. Ketika program-program ini dihentikan lewat cara restart, maka PC kamu tidak akan lambat lagi.

Kamu bisa menggunakan cara membersihkan RAM PC ini ketika ada beberapa program dan aplikasi yang not responding atau bahkan sangat lambat dalam membuka aplikasi, maka kamu bisa menggunakan cara yang satu ini.

2. Gunakan Task Manager

Cara Membersihkan RAM PC

Cara membersihkan RAM PC selanjutnya adalah dengan mematikan proses atau program yang berjalan lewat Task Manager. Task Manager berguna untuk melihat aplikasi dan proses apa saja yang berjalan di PC-mu.

Kamu bisa mengakses Task Manager dengan cara klik kanan di Taskbar ataupun dengan mengklik “Ctrl+alt+Delete”. Ketika sudah masuk ke Task Manager, kamu bisa klik kanan pada aplikasi yang ingin kamu hentikan dan pilih “End Task”.

Cara ini cukup ampuh dan membutuhkan waktu yang singkat, hal ini dikarenakan kamu tidak perlu menunggu restart PC dan hanya perlu mengklik aplikasi Task Manager untuk memberhentikan proses yang memakan banyak resource RAM di PC kamu.

3. Matikan Program yang Berjalan Otomatis

Cara Membersihkan RAM PC

Saat pertama kali PC dinyalakan, ada beberapa program yang berjalan secara otomatis. Nah, mungkin ini adalah penyebab mengapa PC kamu melambat akibat program-program yang berjalan pada saat PC dinyalakan.

Beberapa program yang berjalan secara otomatis ini tentu akan menggunakan resource RAM PC yang cukup besar, sehingga tidak ada ruang bagi aplikasi lain untuk berjalan di komputer kamu karena RAM PC yang sudah penuh.

Kamu dapat mematikan program yang berjalan otomatis ini lewat aplikasi Task Manager lalu pilih kolom Startup. Di sini kamu bisa melihat aplikasi-aplikasi yang berjalan ketika PC dinyalakan, lalu klik kanan pada bagian status dan pilih “Disable”.

4. Menambahkan Virtual Memory

Cara membersihkan RAM PC yang selanjutnya adalah dengan menambahkan memori virtual yang ada di PC kamu untuk meningkatkan performa harian. Memori virtual dapat menambah kinerja RAM sehingga PC kamu tidak akan mudah lemot.

Secara default, Windows sudah mengalokasikan memori virtual secara otomatis, tetapi anda bisa meningkatkan kapasitas ini lewat pengaturan yang tersedia di Windows kamu sehingga RAM PC mu tidak cepat penuh.

Kamu bisa mengakses virtual memori dengan masuk pada Control Panel-System and Security-System-Advanced System Settings-Advanced lalu kamu bisa klik Settings pada menu Performance.

Di halaman ini kamu bisa memilih Advanced-Virtual Memory-Change. Lalu kamu memilih Custom Size. Kamu bisa langsung memasukkan besaran memori virtual yang kamu inginkan lalu klik Set dan klik Ok.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan RAM PC ala Technoparkz. Kamu bisa lakukan cara-cara ini sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu, ya!

Kamu juga bisa cari tahu cara menambah RAM PC di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published.